Senin, 07 November 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN IPA KELAS 5

Mata Pelajaran : SAINS Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit Metode : Ceramah dan praktek A. Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. 1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah. B. Indikator o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*) o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan C. Materi Essensial Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3) o Alat pernapasan manusia D. Media Belajar o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet. E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa 1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan (5 menit) 2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan o Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan - Paru-paru - Hidung - Tenggorokan o Memahami istilah dari - Diagfragma - Gelambir - Pleura - Bronkus - Alveolus o Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut o Memahami proses pernapasan (50 menit) 3. Penutup o Mengulang proses pernapasan (5 menit) 4. Pekerjaan Rumah – Mata Pelajaran : SAINS Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit Metode : Ceramah dan praktek A. Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. 1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah B. Indikator o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*) o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan C. Materi Essensial Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan o Alat pernapasan manusia (hlm.3) –lanjutan– D. Media Belajar o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa 1. Pendahuluan o Mengulang materi pertemuan sebelumnya o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan (5 menit) 2. Kegiatan Inti o Melakukan kegiatan 1.1 (hlm.4) o Melakukan tugas 1.1 (hlm.5) (50 menit) 3. Penutup o Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1 (5 menit) 4. Pekerjaan Rumah o tugas 1.1 Mata Pelajaran : SAINS Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit Metode : Ceramah dan praktek A. Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. 1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah B. Indikator o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*) o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan C. Materi Essensial Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan o Alat pernapasan hewan (hlm.6) D. Media Belajar o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa 1. Pendahuluan o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan (5 menit) 2. Kegiatan Inti o Mendeskripsikan alat pernapasan hewan - Burung - Reptil - Amfibi - Ikan - Serangga - Cacing - Mamalia o Memahami istilah dari - Pundi-pundi - Labirin - Stigma o Memahami proses pernapasan pada : - Burung - Reptil - Amfibi - Ikan - Serangga - Cacing - Mamalia o Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan (50 menit) 3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda (5 menit) 4. Pekerjaan Rumah - Mata Pelajaran : SAINS Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit Metode : Ceramah dan praktek A. Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. 1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah B. Indikator o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*) o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan. C. Materi Essensial Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan o Penyakit yang Menyerang Alat Pernapasan Manusia (hlm.9) o Memelihara kesehatan alat pernapasan (hlm.12) D. Media Belajar o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa 1. Pendahuluan o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator. (5 menit) 2. Kegiatan Inti o Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman o Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman - Influenza - Flu burung - Pnemonia - Tuberkulosis paru-paru o Memahami gejala penyakit : - Influenza - Flu burung - Pnemonia - Tuberkulosis paru-paru o Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan - Makan makanan bergizi - Berolahraga teratur - Istirahat teratur - Menjaga kebersihan - Menjauhi asap rokok s (50 menit) 3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan. (5 menit) 4. Pekerjaan Rumah -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar