GUGUS SEKOLAH 02 KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN. SDN BANJARMADU SEBAGAI SD INTI GUGUS SEKOLAH 02, SEDANGKAN SD IMBAS ANTARA LAIN : 1. SDN SUNGELEBAK. 2. SDN KENDALKEMLAGI. 3. SDN KALANGANYAR. 4. SDN LATUKAN. DENGAN MOTTO MAJU BERSAMA MENJADI YANG TERBAIK. VISI GUGUS SEKOLA 02 Terwujudnya kompetensi guru yang profesional, memiliki kemampuan (ability) dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.
Senin, 07 November 2011
SKENARIO PEMBELAJARAN IPA KELAS 5
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
B. Indikator
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
C. Materi Essensial
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)
o Alat pernapasan manusia
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
o Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
- Paru-paru
- Hidung
- Tenggorokan
o Memahami istilah dari
- Diagfragma
- Gelambir
- Pleura - Bronkus
- Alveolus
o Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o Memahami proses pernapasan
(50 menit)
3. Penutup
o Mengulang proses pernapasan
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah –
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
B. Indikator
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
C. Materi Essensial
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
o Alat pernapasan manusia (hlm.3) –lanjutan–
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Melakukan kegiatan 1.1 (hlm.4)
o Melakukan tugas 1.1 (hlm.5)
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o tugas 1.1
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
B. Indikator
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
C. Materi Essensial
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
o Alat pernapasan hewan (hlm.6)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
- Burung
- Reptil
- Amfibi
- Ikan - Serangga
- Cacing
- Mamalia
o Memahami istilah dari
- Pundi-pundi
- Labirin - Stigma
o Memahami proses pernapasan pada :
- Burung
- Reptil
- Amfibi
- Ikan - Serangga
- Cacing
- Mamalia
o Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah -
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
B. Indikator
o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan.
C. Materi Essensial
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
o Penyakit yang Menyerang Alat Pernapasan Manusia (hlm.9)
o Memelihara kesehatan alat pernapasan (hlm.12)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator.
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
o Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman
o Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
- Influenza
- Flu burung - Pnemonia
- Tuberkulosis paru-paru
o Memahami gejala penyakit :
- Influenza
- Flu burung - Pnemonia
- Tuberkulosis paru-paru
o Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
- Makan makanan bergizi
- Berolahraga teratur
- Istirahat teratur - Menjaga kebersihan
- Menjauhi asap rokok
s
(50 menit)
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.
(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah -
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar