GUGUS SEKOLAH 02 KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN. SDN BANJARMADU SEBAGAI SD INTI GUGUS SEKOLAH 02, SEDANGKAN SD IMBAS ANTARA LAIN : 1. SDN SUNGELEBAK. 2. SDN KENDALKEMLAGI. 3. SDN KALANGANYAR. 4. SDN LATUKAN. DENGAN MOTTO MAJU BERSAMA MENJADI YANG TERBAIK. VISI GUGUS SEKOLA 02 Terwujudnya kompetensi guru yang profesional, memiliki kemampuan (ability) dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.
Minggu, 06 November 2011
PROGRAM KERJA GUGUS SEKOLAH 02
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyusun program kerja Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2011/2012 tanpa hambatan yang berarti.
Penyusunan program kerja Gugus Sekolah 02 kecamatann Karanggeneng kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2011/2012 ini untuk memberikan arah operasional kerja bagi ketua gugus sekolah 02 dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Segala aktifitas atau kegiatan sulit untuk dapat mencapai tujuan tanpa adanya perencanaan atau program yang ditetapkan sebelumnya. Selain itu program kerja Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2011/2012 ini sangat bermanfaat bagi landasan kerja dan alat pengontrol terhadap program yang belum atau sudah terlaksana.
Melalui KKG dapat menumbuhkan semangat guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan prestasi kerjanya secara optimal dengan sistem panduan antar teman sebaya dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas Kegiatan Belajar Mengajar dan melaksanakan administrasi pendukungnya. Kami beserta seluruh komponen pendukung bertekad untuk memanfaatkan segala kemungkinan yang positif dan menghindari hal – hal yang bersifat negatif. Dan apa yang kami kerjakan hari ini adalah usaha kami hari kemarin , apa yang dikerjakan hari esok adalah hasil usaha hari ini dengan harapan hari esok akan lebih baik dari hari ini. Disampaikan terima kasih kepada para kepala sekoloah dan guru yang telah membantu menyusunan program ini dengan harapan program kerja gugus sekolah 02 ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya oleh semua anggota gugus sekolah 02 demi keberhasilan pelaksanaannya, dimohon adanya pembinaan dari para pemimpin sebagai penyempurnaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Lamongan , 01 Juli 2011 Ketua Gugus Sekolah 02
MOCHAMAD MAS’UD, S.Pd NIP . 19610512 198201 1 022
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : Pendahuluhan
BAB II : Gambaran Umum Gugus Sekolah 02
BAB III : Susunan Pengurus Gugus Sekolah 02 Periode 2011 / 2014
BAB IV : Progrm kerja Gugus Sekolah 02 Tahun Pelajaran 2011/2012
BAB V : Penutup
Lampiran – lampiran
1. Profil Gugus Sekolah 02 Karanggeneng Lamongan
2. Anggaran Pendapatan Belanja Gugus Sekolah 02 ( APBGS 02 )
3. Peta Penyebaran Sekolah Dabin Gugus Sekolah 02 Karanggeneng Lamongan
4. SK Pengurus Gugus Sekolah 02 Periode 2011 / 2014
5. Data Guru Dabin Gugus Sekolah 02 Karanggeneng Lamongan
BAB I
P E N D A H U L U A N
1. Latar Belakang
Dalam rangka mencapai tujuan Nasional yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dsar 1945, maka Garis-garis Besar Haluan Negara (Tap. MPR II / MPR / 1998), bidang Pendidikan menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kwalitas manusia Indonesia yaitu, beriman, bertaqwa, terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, trampil, bedisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, produktif serta sehat jasmani dan rohani.
Pemberlakuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan diberikannya wewenang kepada satuan pendidikan untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu Pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan Pasal 35 mengenai standar nasional pendidikan.
Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah harus segera dilaksanakan. Bentuk nyata desentralisasi pengelolaan pendidikan adalah diberikannya kewenangan kepada satuan pendidikan untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunan maupun pelaksanaannya di satuan pendidikan.
Satuan pendidikan merupakan pusat pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai satu kesatuan kegiatan pendidikan yang terjadi di sekolah. Nilai-nilai yang dimaksud di antaranya: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial dan lingkungan, serta tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut terintegrasi dalam seluruh kegiatan pendidikan sebagai budaya sekolah.
Peningkatan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar telah menjadi komitmen pemerintah yang harus diwujudkan secara nyata. Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya yaitu guru. Hal ini disebabkan guru / pendidik merupakan faktor yang sangat penting dalam pengelolaan pembelajaran. Oleh sebab itu, seorang guru dalam melaksanakan tugasnya dituntut secara profesional. Namun pada kenyataannya dari segi kualifikasi pendidikan, masih banyak guru-guru di Indonesia yang belum S1, sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005, yaitu sebanyak 1.174.088 orang yang harus ditingkatkan. Dalam menempuh persyaratan S 1/D IV dianjurkan tidak meninggalkan tugasnya (mengajar).
Demikian pula dengan adanya perubahan paradigma pendidikan di era globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) bagi guru terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) yang berlaku sekarang. Perubahan pola pikir dan pola tindak bagi guru dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses (Permendiknas nomor 41 tahun 2007)
Pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efisien.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. (Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 pasal 19 ayat 1).
Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru perlu adanya wadah yang mampu menampung berbagai masalah pembelajaran yang dialami guru serta cara- cara pemecahannya. Pada Surat Keputusaan Dirjen Dikdasmen Nomor : 079/C/Kep. I / 93, tanggal 7 April 1993 yang memutuskan tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Pembinaan Profesional Guru melalui Pembentukan Gugus Sekolah di Sekolah Dasar, maka sebagai wujud nyata dalam upaya pemberdayaan dan meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat yang berkembang secara dinamis
Keberadaan KKG sebagai wadah atau forum profesional guru di gugus sekolah, kecamatan maupun di tingkat kabupaten/kota memegang peranan penting dan strategis untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga guru lebih profesional. Melalui KKG diharapkan permasalahan pembelajaran yang dihadapi guru di kelas dapat terpecahkan sehingga proses pembelajaran lebih efektif, bermutu, dan dapat meningkatkan mutu pendidikan nasional. Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan menuntut para guru untuk memiliki profesionalisme. Empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru antara lain kompetensi pedagogik, personal, profesional, dan sosial. Kompetensi seorang guru tidak hanya mampu mengajar di dalam kelas, tetapi lebih dari pada itu mampu berinovasi dalam pembelajaran, sehingga guru tidak bersifat statis tetapi dinamis dalam menyikapi perkembangan dunia pendidikan. Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah antara lain dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme guru yang muaranya adalah peningkatan mutu pembelajaran di kelas, upaya tersebut antara lain ikut serta dalam pendidikan dan pelatihan. Namun pada kenyataannya implementasi di lapangan belum sepenuhnya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, indikasinya antara lain masih banyaknya guru yang belum mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya, bahkan lebih parah lagi masih ada guru yang tidak faham tentang bagaimana cara pengaplikasian ilmu yang diperolehnya dari pendidikan dan latihan yang diikutinya. Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut di atas, maka Gugus Sekolah 02 sebagai wadah para guru untuk meningkatkan profesionalismenya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di gugus sekolah 02 pada khususnya dan Kecamatan Karanggeneng serta Kabupaten Lamongan pada umumnya, berupaya untuk mencanangkan berbagai program kegiatan gugus sekolah 02. Program kegiatan tersebut diimplementasikan untuk menjawab tantangan berbagai permasalahan pembelajaran yang dialami oleh para guru serta dalam rangka meningkatkan kompetensi para guru yang muaranya adalah peningkatan mutu pendidikan pada umumnya dan kualitas siswa pada khususnya.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka gugus sekolah 02 kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan sebagai wadah kegiatan kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kemampuan profesional melalui penataran berkelanjutan, pemberian bekal , peningkatan , pemantapan , dan ketrampilan yang sesuai dengan profesionalnya serta bermanfaat dalam pelaksanaan tugas guru. Melalui gugus sekolah 02 dapat menumbuhkan semangat guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan prestasi kerjanya secara optimal dengan sistem panduan antar teman sebaya dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas kegiatan belajar mengajar dan melaksanakan administrasi pendukungnya.
Berpangkal dari tujuan di atas maka untuk pengelolahan gugus sekolah 02 kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan agar dapat berhasil dengan baik, maka disusunlah program kerja gugus sekolah 02 kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2011/2012.
2. Visi Misi dan Tujuan Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng
a. Visi Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng
Terwujudnya kompetensi guru yang profesional, memiliki kemampuan (ability) dalam
bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai
dengan bidang pekerjaannya.
b. Misi Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng
1. Meningkatkan kompetensi profesional guru yang memiliki pengetahuan yang luas dari
bidang studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode di dalam
proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.
2. Meningkatkan kompetensi kemasyarakatan guru yang mampu berkomunikasi, baik
dengan siswa, sesama guru, maupun masyarakat luas.
3. Meningkatkan kompetensi personal guru yang memiliki kepribadian yang mantap dan
patut diteladani.
c. Tujuan Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng
1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai kompetensi khususnya
kompetensi Profesi, Akademik, Sosial dan Personal melalui kegiatan pengembangan
profesionalisme guru di tingkat KKG.
2. Memberi kesempatan seluas luasnya kepada anggota untuk berbagi pengalaman serta
saling memberikan bantuan dan umpan balik.
3. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas
tugas pembelajaran di sekolah.
4. Membantu guru memecahkan/mendiskusikan permasalahan yang diperoleh guru
dilapangan pada saat melaksanakan tugas sehari-hari.
5. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari
peningkatan hasil belajar peserta didik.
6. Mengembangkan kultur kelas yang kondusif sebagai tempat proses pembelajaran Aktif
Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM ) serta mencerdaskan siswa.
B A B II
GAMBARAN UMUM GUGUS SEKOLAH 02
I. Nama , Tempat, Alamat Gugus
a. Nama Gugus Sekolah : Gugus Sekolah 02 b. Tempat Gugus Sekolah : SDN Banjarmadu
c. Alamat Gugus Sekolah : Jl. Raya Karanggeneng No. 10 Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan Telp. ( 0322 ) 393411
II. Nama dan Alamat Sekolah Dabin Gugus Sekolah 02
NO. NAMA SEKOLAH ALAMAT NAMA / NIP.
KEPALA SEKOLAH KET.
01. SDN Banjarmadu
Desa. Banjarmadu MOCHAMAD MAS’UD, S.Pd
NIP. 1 9610512 198201 1 022 Inti
02. SDN Sungelebak
Desa Sungelebak LILIK MUJI. S, S.Pd
NIP. 19570727 197703 2 044 Imbas
03. SDN Kendakemlagi
Desa Kendalkemlagi M I N T A R T I, S.Pd
NIP. 19520327 197703 2 001 Imbas
04. SDN Kalanganyar
Desa Kalanganyar ARI WULANDARI,S.Pd.
NIP. 19600127 198112 2 004 Imbas
05. SDN Latukan
Desa Latukan T U K I J A N, S.Pd.
NIP. 19551112 197703 1 011 Imbas
III. SARANA DAN PRASARANA GUGUS
NO JENIS SARANA / PRASARANA ADA TIDAK ADA KET.
01. Ruang Gugus Sekolah 02 V - Baik
02. Ruang KKKS V - Baik
03. Laborat SEQIP V - Baik
04. Ruang Alat Peraga V - Baik
05. Administrasi Gugus Sekolah 02 V - Baik
06. Papan Nama Gugus Sekolah 02 V - Baik
07. Almari Arsip Gugus Sekolah 02 V - Baik
08. Meja dan Kursi V - Baik
09. Papan Visualisasi Gugus Sekolah 02 V - Baik
IV. KARAKTERISTRIK MANAJEMEN YANG DILAKSANAKAN
GUGUS SEKOLAH 02
Manajemen Kegiatan Gugus Sekolah 02 Agar pengelolaan gugus sekolah dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien , maka dibentuk susunan pengurus dan struktur organisasi gugus. Dalam hal ini penyusunan pengurus melibatkan seluruh Kepala Sekolah , Guru Kelas , dan Guru Mata pelajaran di Gugus Sekolah 02. Dalam penyusunan stuktur organisasi gugus , ketua gugus dalam hal ini adalah Kepala SDN Banjarmadu berupaya menyusun organisasi sesuai dengan kebutuhan , memilih dan menetapkan personal untuk tiap bidang tugas secara proporsional. Dalam melaksanakan tugasnya , ketua gugus harus melaksanakan fungsi – fungsi manajerial seperti : perencanaan , pengorganisasian , pengarahan , pemberian motivasi , pelaksanaan , pengendalian , evaluasi , dan inovasi. Ketua gugus merencanakan dan melaksanakan program yang telah dibuat bersama kepala sekolah yang lain setiap semester. Pada setiap akhir kegiatan diadakan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan gugus , sehingga dapat mengatasi hambatan – hambatan yang ada dan dapat melakukan perbaikan – perbaikan sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang telah dikerjakan. Hasil pelaksanaan kegiatan gugus dilaporkan kepada Pembina gugus berupa laporan semester , tahunan dan laporan insidental lainnya. Manajemen Sekolah Manajemen sekolah sepenuhnya menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Pengelolaan sekolah diarahkan pada tercapainya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter bangsa yang meliputi :
Logika Mendidik dan mengatur siswa agar menjadi gemar , biasa , dan merasa butuh membaca sehingga tumbuh kreatifitas dan berpikir kritis.
Estetika Mendidik siswa untuk dapat menghargai dan menikmati karya seni , serta berapresiasi sehingga tercipta manusia yang lembut , berbudi dan berperasaan halus.
Etika Untuk menumbuhkan manusia berbudi luhur , perlu pengembangan aspek yang meliputi ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa , bermoral pancasila , sikap dan tingkah laku yang santun , serta berdisiplin tinggi. Praktika Pada aspek ini siswa dididik agar terampil , cekatan , penerapan teknologi , sebagai penerapan hasil karya logika , estetika dan etika , sehingga terbentuk manusia yang mampu bekerja keras. Manajemen Kelas Disamping tugas utama mengajar dan mendidik , guru kelas sebagai administrator. Selain itu juga bertanggung jawab terhadap berhasil tidaknya kegiatan di dalam kelas. Maka menajemen kelas merupakan tanggung jawab guru kelas. Aspek yang harus diperhatikan dalam melaksanakan manajemen kelas adalah : Menempatkan siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar yang tepat. Memonitor hubungan antar siswa. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Mengatasi masalah sosial maupn belajar siswa ( Bimbingan dan konseling ). Melaksanakan administrasi yang teratur dalam berkesinambungan. Menyampaikan informasi dan laporan siswa kepada orang tua atau institusi yang berhubungan dengan masalah pendidikan. Pembinaan dan Instansi Terkait Pembinaan dan supervisi kepala sekolah dilaksanakan oleh pihak – pihak yang berkompeten. Sedangkan pembinaan dan supervise guru dilaksanakan oleh pengawas dan kepala sekolah secara berkala. Sistem Pembinaan Profesional Pembinaan profesional tenaga kependidikan melalui berbagai wadah seperti : KKG , KKKS maupun tutorial dan bentuk – bentuk pembinaan yang lain. KKG Gugus Sekolah 02 dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 10.30 – 12.30 dan tutorial dari berbagai nara sumber mata pelajaran dilaksanakan bekerja sama dengan lembaga pendidikan lain. Pembinaan ini melibatkan semua kepala sekolah , guru secara terprogram sehingga dapat memberikan kontribusi peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar.
V. PROGRAM UNGGULAN & PENGEMBANGAN SISWA DAN GURU
Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan. Kegiatan Ekstrakurikuler PMR
Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Musik. Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari. Kegiatan Ekstrakurikuler TPQ.
Pengembangan Gugus Bintek Pengembangan KTSP.
Bintek Pengembangan Silabus dan RPP
Bintek Pembelajaran Tematik. Bintek Pembelajaran IPA. Bintek Pembelajaran Bahasa Indonesia Bintek Pembelajaran Matematika
Sosialisasi Pengembangan Pembelajaran IPA. Menjaring Kerjasama Dengan lembaga lain di Bidang Pengembangan Pembelajaran.
VI. RINCIAN PEMBAGIAN TUGAS :
Ketua:
1. Menentukan pokok-pokok kebijakan
penyelenggaraan organisas
2. Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan organisasi Gugus Sekolah 02
3. Bertanggungjawab atas keberhasilan pelaksanaan pengorganisasian Gugus Sekolah
02
Sekretaris :
1. Mengatur dan menyelenggarakan kegiatan rutin bulanan,
memberikan pelayanan administrasi yang diperlukan untuk mendukung
pengelolaanorganisasi Gugus Sekolah 02
2. Mengagendakan setiap kegiatan dan membuat laporan kegiatan
setiapakhir semester.
Bendahara:
1. Melaksanakan pengelolaan dukungan keuangan dalam
penyelenggaraanorganisasi Gugus Sekolah 02
2. Mengkoordinir keuangan dari pengadaan buku LKS.
Anggota :
1. Mendukung dan melaksanakan semua kegiatan yang telah
diprogramkan Gugus Sekolah 02.
2. Memanfaatkan hasil kegiatan Gugus Sekolah 02 dan menggunakannya
untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah masing-masing.
3. Berperan aktif dalam setiap kegiatan baik yang bersifat rutin maupun
insidental.
B A B III
SUSUNAN PENGURUS GUGUS SEKOLAH 02
KARANGGENENG LAMONGAN 2011 S/D 2014
1. SUSUNAN PENGURUS GUGUS SEKOLAH 02
A. Pembina
1. Drs. Purdono, M.Pd. Ka. Cabang Dinas P & K Kec. Karanggeneng
NIP. 196111101982011014
2. Drs. Siptiono, M.Pd. Pengawas TK / SD
NIP. 196104171983031013
3. Drs. Eddy Suryono, M.Si Pengawas TK / SD
NIP. 195506131981011002
4. Sulistiyah, M.Pd. Pengawas TK / SD
NIP. 196407081986032022
5. Mardheyah, S.Pd. Pengawas TK / SD
NIP. 196909111990032001
B. Pengurus
1. Ketua : Mochamad Mas’ud, S.Pd. Ka. SDN Banjarmadu
2. Sekretaris : Sindhi Eri Puspitasari, S.Pd Guru SDN Banjarmadu
3. Bendahara : Zairina Bidiowati, S.Pd. Guru SDN Banjarmadu
4. Anggota :
1. Ari Wulandari, S.Pd. Ka. SDN Kalanganyar
2. Mintarti, S.Pd Ka. SDN Kendalkemlagi
3. Lilik Muji S, S.Pd Ka SDN Sungelebak
4. Tukijan S. Pd Ka SDN Latukan
5. Sri Wahyuti, S. Pd Guru SDN Banjarmadu
6. Supraptiningsih, S. Pd Guru SDN Banjarmadu
7. Amin, S. PdI Guru SDN Banjarmadu
8. Widaryati, S. Pd Guru SDN Banjarmadu
9. Yusuf afandi, A Ma, Pd Guru SDN Banjarmadu
10. Lenni Afriani, S. Pd Guru SDN Banjarmadu
11. Zumrotus Sholikha Guru SDN Banjarmadu
C. Pengurus KKKS Gugus Sekolah 02
1. Ketua : Tukijan, S.Pd Ka. SDN Banjarmadu
2. Sekretaris : Ari Wuladarai, S. Pd Ka. SDN Kalanganyar
3. Bendahara : Lilik Muji S, S.Pd Ka. SDN Sungelebak
4. Anggota : - Mintarti, S.Pd. Ka. SDN Kendalkemlagi
- Mochamad Mas’ud, S.Pd Ka. SDN Latukan
D. Pengurus KKG Gugus Sekolah 02
1. Ketua : Sumadi, S.Pd. Guru SDN Kendalkemlagi
2. Sekretaris : Suroso, S.Pd. Guru SDN Banjarmadu
3. Bendahara : Zulaikhoh Guru SDN Sungelebak
Pemandu Kelas :
- Kelas I : Zairina Budiowati, S.Pd. Guru SDN Banjarmadu
- Kelas II : Kusnan Guru SDN Latukan
- Kelas III : Sulastri Guru SDN Kendalkemlagi
- Kelas IV : Drs. Ismail Guru SDN Latukan
- Kelas V : Lukluatun Nafsiah Guru SDN Kendalkemlagi
- Kelas VI : Kafid Wijanarko Guru SDN Latukan
Pamandu bidang Study :
- PAI : Amin S.Pd.I Guru SDN Banjarmadu
- PKn : Juamah, S.Pd. Guru SDN Sungelebak
- Bahasa Indonesia : Inafitri Basyroh Guru SDN Kalanganyar
- Matematika : Suwoto, S.Pd. Guru SDN Kalanganyar
- IPA : Muniti, S.Pd. Guru SDN Kalanganyar
- SBK : Widaryati, S.Pd Guru SDN Banjarmadu
- Olah Raga : Jumali, S.Pd Guru SDN Kendalkemlagi
- Bahasa Daerah : Imam Sobarudin Guru SDN Kalanganyar
- Bahasa Inggris : Syahrir Guru SDN Sungelebak
- IPS : Rahmini, S.Pd. Guru SDN Kendalkemlagi
Pendamping kelas :
- kelas I & II : Mitarti, S.Pd.
- Kelas III : Lilik Muji S, S.Pd.
- Kelas IV : Ari Wulandari, S.Pd.
- Kelas V & VI : Tukijan, S.Pd.
2. STRUKTUR ORGANISASI GUGUS SEKOLAH 02
STRUKTUR ORGANISASI KKKS GUGUS SEKOLAH 02
STRUKTUR KKG GUGUS SEKOLAH 02
B A B IV
PROGRAM KERJA GUGUS SEKOLAH 02
KEC. KARANGGENENG KAB. LAMONGAN
A. Program Jangka Panjang (3 Tahun) Gugus Sekolah 02
1. Program Rutin Gugus Sekolah 02
• Diskusi permasalahan pembelajaran.
• Penyusunan pemetaan tema standar kompetensi dan kompetensi dasar
• Penyusunan silabus
• Penyusunan program tahunan
• Penyusunan program semester
• Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
• Pembuatan alat peraga
• Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
• Penyusunan rubrik penilaian
• Membahas berbagai metode pembelajaran
• Penyusunan instrument evaluasi pembelajaran.
• Pelatihan penggunaan media pembelajaran SEQIP dan MEQIP
• Pendampingan pelaksanaan pembelajaran di kelas
• Penyusunan kisi-kisi soal semester
• Penyusunan soal-soal try out UASBN
• Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi ujian nasional.
• Mengadakan studi banding ke sekolah-sekolah yang berprestasi
2. Program Pengembangan Gugus Sekolah 02
• Pelatihan penetapan perhitungan angka kredit
• Pelatihan penyusunan portofolio sertifikasi guru
• Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas
• Pelatihan Penulisan karya tulis ilmiah
• Seminar (Paparan hasil penelitian), dan diskusi panel.
• Penerbitan jurnal Gugus Sekolah 02
• Penyusunan website Gugus Sekolah 02
• Peer coaching (Pelatihan bersama guru menggunakan media ICT)
• Lesson study (Kerja sama antar guru untuk memecahkan masalah pembelajaran)
B. Program Jangka Pendek (1 Tahun) Gugus Sekolah 02
1. Program Rutin Gugus Sekolah 02
• Diskusi permasalahan pembelajaran.
• Penyusunan pemetaan tema standar kompetensi dan kompetensi dasar
• Penyusunan silabus
• Penyusunan program tahunan
• Penyusunan program semester
• Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
• Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
• Penyusunan rubrik penilaian
• Membahas berbagai metode pembelajaran
• Penyusunan instrument evaluasi pembelajaran.
• Pelatihan penggunaan media pembelajaran SEQIP dan MEQIP
• Pendampingan pelaksanaan pembelajaran di kelas
• Penyusunan kisi-kisi soal semester
• Penyusunan soal-soal try out UASBN
• Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi ujian nasional.
2. Program Pengembangan Gugus Sekolah 02
• Pelatihan penetapan perhitungan angka kredit
• Pelatihan penyusunan portofolio sertifikasi guru
• Penerbitan jurnal Gugus Sekolah 02
• Penyusunan website Gugus Sekolah 02
• Peer coaching (Pelatihan bersama guru menggunakan media ICT)
Program Tahunan Kelompok Kerja Guru Gugus Sekolah 02 TP. 2011/2012
No. Uraian Kegiatan Waktu Pelaksanaan Tempat Pelaksanaan Pemandu / Narasumber
Bulan Minggu
1 Penyusunan pemetaan tema standar kompetensi dan kompetensi dasar Juli 2011 3 SDN Banjarmadu - S U M A D I, S.Pd
2 Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Juli 2011 4 SDN Banjarmadu - Perwakilan guru dari tiap sekolah
3 Penyusunan program tahunan dan program semester Agustus 2011 3 SDN Banjarmadu - MOCH. MAS’UD
4 Penyusunan Silabus tahun pelajaran 2011-2012 September 2011 3 SDN Banjarmadu - S U R O S O, S.Pd
5 Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan rubrik penilaian Oktober 2011 1 SDN Banjarmadu - S U M A D I, S.Pd
6. Review hasil penyusunan perangkat pembelajaran Oktober 2011 2 SDN Banjarmadu - MOCH. MAS’UD
6 Penyusunan instrument evaluasi pembelajaran. Oktober 2011 3 SDN Banjarmadu - Perwakilan guru dari tiap sekolah
7 Membahas berbagai metode pembelajaran Nopember 2011 3 SDN Banjarmadu - S U R O S O, S.Pd
- S U M A D I, S.Pd
- MOCH. MAS’UD
8 Penyusunan kisi-kisi soal semester ganjil Nopember 2011 4 SDN Banjarmadu - Perwakilan guru kelas dan guru mata pelajaran.
Diskusi permasalahan pembelajaran. Desember 2011 3 SDN Banjarmadu - Pemandu mata pelajaran dari tiap-tiap sekolah
9 Pelatihan penggunaan media pembelajaran SEQIP dan MEQIP Desember 2011 4 SDN Banjarmadu - Pemandu mata pelajaran dari tiap-tiap sekolah
10 Pelatihan penggunaan media pembelajaran SEQIP dan MEQIP Januari 2012 3 SDN Banjarmadu - Pemandu mata pelajaran dari tiap-tiap sekolah
10 Pendampingan pelaksanaan pembelajaran di kelas Januari 2012 4 SDN Banjarmadu - Koordinator dari tiap sekolah
11 Penyusunan soal-soal try out UASBN Februari 2012 3 SDN Banjarmadu - Perwakilan guru mata pelajaran
12 Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi ujian nasional. Februari 2012 4 SDN Banjarmadu - Perwakilan guru dari tiap sekolah
13 Pelatihan penetapan perhitungan angka kredit Maret 2012 3 SDN Banjarmadu - MOCH. MAS’UD
14 Pelatihan penyusunan portofolio sertifikasi guru Maret 2012 4 SDN Banjarmadu - S U R O S O, S.Pd
15 Penerbitan jurnal KKG April 2012 3 SDN Banjarmadu - Perwakilan Guru dari tiap sekolah
16 Penyusunan website KKG April 2012 4 SDN Banjarmadu - Seluruh operator komputer yang ada di Gugus II
17 Penyusunan kisi-kisi soal semester genap Mei 2012 3 SDN Banjarmadu - Perwakilan guru kelas dan guru mata pelajaran.
18 Peer coaching (Pelatihan bersama guru menggunakan media ICT) Mei 2012 4 SDN Banjarmadu - Seluruh operator komputer yang ada di Gugus II
19 Diskusi permasalahan pembelajaran Juni 2011 3 SDN Banjarmadu - Pemandu mata pelajaran dari tiap-tiap sekolah
Ditetapkan di : Karanggeneng
Pada tanggal : 01 Juli 2011
Mengetahui Ketua
Kepala UPT Dinas Pendidikan GUGUS SEKOLAH 02
Kecamatan Karanggeneng Kecamatan Karanggeneng
Drs. PURDONO. M.Pd MOCHAMAD MAS’UD, S.Pd.
Pembina NIP. 19610512 198201 1 022
NIP. 19611110 198201 1 014
B A B V
P E N U T U P
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Sebagai tanda terima kasih kami yang tak terhingga atas karunia-Nya yang telah dilimpahkan kepada kami bersama semua pengurus dan anggota gugus sekolah 02 dapat menyelesaikan salah satu tugas yakni penyusunan Program Kerja Gugus Sekolah 02 kecamatan Karanggeneng kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2010/2011
Program Kerja Gugus Sekolah 02 ini memuat hal-hal yang pokok-pokok saja, sehingga dalam pelaksanaannya secara lebih teknis oleh jajaran pengelolah dan pelaksana yakni Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru
Dengan menyadari keterbatasan pengetahuan kami, tentu banyak kekurangan yang terdapat dalam program kerja gugus sekolah 02 ini. Oleh karma itu saran dan pembinaan kami terima dengan tulus demi penyempurnaannya.
Akhirnya kepada semua yang memberikan saran dan pembinaan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga dapat tersusun Program Kerja Gugus Sekolah 02 ini, kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT Senantiasa melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat dan mampu melaksanakan kegiatan sesuai dengan program kerja gugus sekolah 02 untuk mewujudkan tujuan bersama.
NO. NAMA / NIP JABATAN KET.
01.
02.
03.
04.
05.
06.
07.
08.
09.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar