Kamis, 10 November 2011

SOAL TES TERTULIS LOMBAH GUGUS SEKOLAH TINGKAT NASIONAL

SOAL TES TERTULIS LOMBAH GUGUS SEKOLAH TINGKAT NASIONAL Petunjuk Pengisian: Bacalah setiap pertanyaan atau pernyataan berikut ini dengan seksama dan teliti! Jawablah setiap pertanyaan atau pernyataan di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf jawaban a, b, c atau d di lembar jawaban! Saudara tidak diperkenankan pinjam-meminjam alat tulis dan lain-lain dengan sesama peserta lomba. Saudara tidak diperkenankan meninggalkan ruangan tanpa seizin panitia lomba. Waktu yang disediakan: 60 menit Selamat bekerja, Semoga sukses! Pilah salah satu jawaban yang paling tepat ! 1. Pembentukan gugus SD dilatarbelakangi oleh satu pertimbangan, yaitu: a. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar b. Meningkatkan mutu guru sekolah dasar c. Memudahkan rentang kendali pembinaan sekolah dasar yang jumlahnya besar d. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan pemberdayaan peran serta masyarakat. 2. Tujuan pembentukan gugus SD adalah: a. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar b. Meningkatkan kemampuan professional para guru sekolah dasar dalam KBM c. Memudahkan rentang kendali pembinaan sekolah dasar yang jumlahnya besar d. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dan komite sekolah 3. Syarat untuk menjadi SD Inti dalam gugus adalah sebagai berikut, kecuali: a. Letaknya strategis dari sekolah imbas b. Memiliki kelebihan dibanding SD yang lain c. Memiliki sarana prasarana yang memadai d. Minimal ada 3 SD imbas dan maksimal 7 SD imbas 4. Opsi-opsi di bawah ini merupakan fungsi dari gugus, kecuali: a. Sebagai wadah pembinaan professional guru b. Sebagai wahana peningkatan mutu pendidikan SD c. Sebagai tempat penyebaran informasi dan inovasi d. Sebagai ajang pemeroleh bantuan-bantuan pendidikan 5. Moto gugus SD adalah sebagai berikut a. “Semangat maju bersama menggapai mutu pendidikan” b. “Semangat Maju Bersama” c. “Maju tak gentar” d. “Maju dan mengabdi bersama” 6. Manakah diantara opsi-opsi di bawah ini yang merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelolaan gugus: a. SD inti menjadi SD terbaik dan selalu terdepan diantara semua SD yang ada dalam satu gugus b. SD imbas dapat mengembangkan inovasi pendidikan secara mandiri c. SD inti dan SD imbas memperoleh bantuan (block grant) peningkatan mutu dari pemerintah dalam waktu bersamaan. d. SD imbas dan SD inti memiliki standar mutu pendidikan yang sama atau tidak terlalu berbeda 7. Yang merupakan bengkel kerja, dan berfungsi sebagai sarana diskusi serta pertukaran pengalaman di dalam gugus di sebut: a. KKG b. PKG c. PKB d. KKKS 8. Dalam setahun, idealnya KKG dilaksanakan sebanyak a. 52 kali b. 12 kali c. 24 kali d. 25 kali 9. Dalam setahun, KKKS dilaksanakan minimal sebanyak a. 52 kali b. 12 kali c. 24 kali d. 25 kali 10. Yang tidak termasuk ke dalam komponen gugus sekolah dasar adalah: a. Guru Pemandu Mata Pelajaran (GPMP) b. KKKS c. PKG d. KBM 11. Departemen Pendidikan Nasional memiliki Visi sebagai berikut: a. Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas b. Menghasilkan Insan Indonesia Kreatif dan Kompetitif c. Menghasilkan Insan Indonesia Kompetitif d. Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif 12. Insan Cerdas sebagaimana tertuang dalam Visi Depdiknas mengandung arti: a. Sehat secara fisik, cerdas secara intelektual dan taat menjalankan agama b. Cerdas jiwa dan raga c. Cerdas IQ, cerdas EQ, cerdas SQ. d. Cerdas pikir, cerdas rasa, cerdas hati, cerdas raga 13. Standar Nasional Pendidikan (SNP) diatur dalam: a. PP No. 20 tahun 2005 b. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2005 c. Perpres No. 19 Tahun 2005 d. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 14. “Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” adalah merupakan: a. Fungsi Pendidikan Nasional b. Tujuan Pendidikan Nasional c. Misi Departemen Pendidikan Nasional d. Visi Departemen Pendidikan Nasional 15. Menurut UU No. 20 tahun 2003 kelompok usia manakah yang wajib mengikuti pendidikan dasar? a. 7-12 tahun b. 6-15 tahun c. 7-15 tahun d. 6-12 tahun 16. Manakah yang tidak termasuk komponen standar nasional pendidikan a. Standar kurikulum b. Standar Penilaian c. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan d. Standar Proses 17. Tujuan Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah: a. Sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan dan oengawasan pendidikan b. Menjamin mutu pendidikan nasional c. Mencetak lulusan yang memiliki kemampuan nasional dan global d. Mencerdaskan Insan Indonesia 18. Standar Isi mencakup ruang lingkup materi di bawah ini, kecuali: a. Kerangka dasar kurikulum dan Struktur Kurikulum b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan c. Kalender Pendidikan d. Beban mengajar 19. KTSP di susun atas dasar rujukan: a. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan b. Panduan Penyusunan KTSP c. Mempertimbangkan karekateristik sekolah d. Jawaban a, b, dan c benar 20. Ketentuan tentang Sarana Prasarana Sekolah diatur dalam: a. Permendiknas nomor 19 tahun 2005 b. Permendiknas nomor 20 tahun 2006 c. Permendiknas nomor 24 tahun 2007 d. Permendiknas nomor 14 tahun 2006 21. Manakah yang tidak termasuk ke dalam standar pendidik? a. Memiliki kepribadian b. Memiliki kompetensi c. Memiliki Sertifikat Pendidik d. Memenuhi kualifikasi akademik 22. Kepala sekolah memiliki peran sebagai pendidik maksudnya bahwa: a. kepala sekolah mampu mengelola sekolah dengan baik, mau belajar dan membelajarkan warga sekolah b. setiap kepala sekolah harus memiliki basis kependidikan c. kepala sekolah harus mampu menjalankan pilar pendidikan sebagai program pembelajaran yaitu learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together d. kepala sekolah harus mengajar 23. Kompetensi guru yang berkaitan dengan penguasaan keilmuan bidang studi disebut: a. Kompetensi pedagogis b. Kompetensi Mengajar c. Kompetensi Profesional d. Kompetensi bidang studi 24. Guru yang baik, berakhlak mulia, berwibawa, dewasa, arif, bijaksana, empati, penolong, menjadi panutan, dan kooperatif merupakan refleksi dari kompetensi: a. Professional b. Kepribadian c. Sosial d. Kepribadian dan Sosial 25. Sertifikasi guru dalam jabatan dapat ditempuh melalui a. Hanya satu jalur b. Dua jalur c. Tiga jalur d. Empat jalur 26. Di bawah ini merupakan kualifikasi umum kepala sekolah, menurut Permendiknas No 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah, kecuali: a. Golongan IIIC b. Usia minimal 56 tahun c. S1 atau D IV d. Pengalaman mengajar minimal 5 tahun 27. Yang termasuk ke dalam perencanaan proses pembelajaran adalah a. Program semester, silabus dan RPP b. Silabus dan RPP c. RPP d. Program tahunan 28. Manakah komponen di bawah ini yang tidak termasuk komponen RPP a. Alokasi waktu b. Standar Kompetensi c. Tujuan Pendidikan d. Metode Pembelajaran 29. Jumlah maksimal peserta didik SD dalam setiap rombongan belajar adalah: a. 28 peserta didik b. 30 peserta didik c. 35 peserta didik d. Disesuaikan dengan kapasitas ruang kelas 30. Mekanisme pemilihan buku teks pelajaran yang akan digunakan di sekolah seyogyanya ditempuh: a. Melalui rapat komite sekolah b. Melalui rapat komite sekolah atas pertimbangan guru c. Melalui rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah d. Melalui rapat komite sekolah atas pertimbangan guru dan kepala sekolah. 31. Yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran pada tahap pendahuluan adalah: a. Menyiapkan psikis dan fisik b. Menjelaskan tujuan pembelajaran c. Mengajukan pertanyaan terkait dengan pelajaran sebelumnya d. Benar semua 32. Yang tidak perlu dilakukan guru dalam pembelajaran pada tahap penutup adalah: a. Menyiapkan psikis dan fisik b. Menyimpulkan pelajaran c. Memberikan umpan balik d. Memberikan pekerjaan rumah 33. Ruang manakah di bawah ini yang tidak diwajibkan dimiliki oleh sekolah dasar menurut ketentuan SNP yang diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional: a. Ruang gudang b. Ruang laboratorium c. Ruang kepala sekolah dan ruang guru d. Ruang perpustakaan 34. Idelanya WC yang dimiliki oleh sekolah dasar didasarkan atas pertimbangan jumlah murid yang ada, sebagai berikut: a. 1 wc untuk: 50 murid laki-laki dan 60 murid wanita b. 1 wc untuk 50 murid c. 1 wc untuk 60 murid d. 1 wc untuk: 60 murid laki-laki dan 50 murid wanita 35. Prasarana manakah di bawah ini yang belum diwajibkan dimiliki oleh sekolah dasar menurut ketentuan SNP yang diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional a. Kebun sekolah b. Tempat bermain/berolahraga/upacara c. Ruang sirkulasi d. Ruang UKS 36. Menurut Standar Nasional Pendidikan, pembiayaan pendidikan terdiri dari: a. Dua jenis (biaya investasi dan biaya operasi) b. Tiga Jenis (biaya investasi, Biaya operasi, biaya personal) c. Dua jenis (biaya personal dan biaya operasi) d. Tiga Jenis (biaya investasi, biaya harian, biaya personal) 37. Dalam standar pengelolaan sebagaimana tercantum dalam Permendiknas nomor 19 tahun 2007, disebutkan bahwa yang termasuk komponen perencanaan meliputi, kecuali: a. Visi dan Misi b. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) c. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-SM) d. Struktur Organisasi 38. Sistem Informasi Manajemen Sekolah adalah salah satu komponen yang harus dimiliki sekolah dan merupakan bagian dari salah satu standar nasinal pendidikan, yaitu a. Standar Pelayanan b. Standar Proses c. Standar Pengelolaan d. Standar Mutu 39. Dalam permendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian diatur bahwa penilaian dilakukan oleh: a. Sekolah b. Pemerintah c. Pendidik d. Pendidik, sekolah dan pemerintah 40. Teknik-teknik penilaian di sekolah menurut permendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian antara lain: a. Penugasan b. Observasi c. Tes Lisan, Tes Tulis, Tes Praktek d. Benar semua 41. Indikator keberhasilan program wajar sekolah dasar adalah a. Angka Partisipasi Kasar (APK) b. Angka Partisipasi Murni (APM) c. Angka Drop Out d. Angka Mengulang Kelas 42. Jumlah siswa sekolah dasar dibagi jumlah penduduk usia 7-12, dikalikan 100 persen disebut: a. APK b. APM c. APP d. Salah semua 43. Jumlah siswa sekolah dasar usia 7-12 tahun dibagi jumlah penduduk usia 7-12, dikalikan 100 persen disebut: a. APK b. APM c. APP d. Salah semua 44. Dengan terbitnya PP yang mengatur tentang SNP, maka jenis sekolah dasar dikategorikan menjadi: a. 2 jenis (SSN dan SBI) b. 2 jenis (Kategori Standar dan Kategori Mandiri) c. 3 Jenis (Kategori Standar, Kategori Mandiri, Sekolah Bertaraf Internasional) d. 2 jenis (Kategori Mandiri dan Sekolah Bertaraf Internaional) 45. Definisi Sekolah Mandiri adalah: a. Sekolah yang telah memenuhi SNP b. Sekolah yang hampir memenuhi SNP c. Sekolah yang belum memenuhi SNP d. Sekolah hampir atau telah memenuhi SNP 46. In order to improve quality and equity in education, the SEAMEO’s members countries including Indonesia developed a cooperation programme i.e. creating coalition schools. To implement the programme, the Indonesian task force carried out a one-day workshop participated by the selected schools on 30 August 2002. The workshop was to socialize the programme and creating school development plan to answer the quality and equity in education. What is the main idea of the text? a. Establishing coalition schools. b. Quality and equity in education. c. Workshop for coalition schools. d. Improving quality of education. 47. One of the UNESCO propaganda is to educate all people through education for all programme. Besides, the UNESCO also emphasized that the education should followed four foundations. These are learning to know, learning to do, learning to be, and learning to live together. Which foundation is most relevant to develop self-actualization? a. Learning to know. b. Learning to do. c. Learning to be. d. Learning to live together. 48. Kebijakan manajemen berbasis sekolah (MBS) merupakan: a. penyederhanaan pola pengelolaan sekolah b. paradigma pengelolaan otonomi pendidikan. c. tuntutan kurikulum dan pembaharuan pendidikan d. efisiensi dan relevansi pendidikan 49. Alasan perlunya dibentuk Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah adalah: a. akademik dan strategi pembangunan ke depan dalam menyongsong era global, b. adanya paradigma pembangunan yang baru yang menuntut terlibatnya peran serta masyarakat dalam proses pembangunan c. tuntutan program pendidikan sebagai akibat dinamika masyarakat yang terus berkembang d. strategis dalam mengejar ketertinggalan mutu pendidikan. 50. Berbagai persoalan sekolah harus diketahui oleh semua warga sekolah, sebagai konsekuensi dalam penerapan MBS, antara lain: a. transparansi pengelolaan pada semua aspek dan keberterimaan terhadap perubahan b. pemberian penghargaan atas prestasi yang dikerjakan c. mengutamakan informasi pelayanan yang bermutu d. semua jawaban benar. 51. Dibentuknya Komite Sekolah sebagai pengganti BP3 Sekolah adalah karena alasan: a. reformasi bidang pendidikan b. tuntutan masyarakat atau stakeholder yang berubah dan terus berkembang c. tuntutan reformasi kurikulum d. sebagai konsekuensi dilaksanakannya MBS 52. Sertifikasi bagi guru diberlakukan di seluruh Indonesia dimaksudkan: a. meningkatkan mutu guru b. meningkatkan profesional guru c. meningkatkan kualifikasi guru menjadi S-1 d. meningkatkan kesejahteraan guru 53. Indikator keberhasilan sekolah dalam menerapkan MBS terutama dapat dilihat dari sisi : a. meningkatnya kepedulian masyarakat dan stakeholder terhadap sekolah b. pengelolaan sekolah yang lebih terbuka dan transparans c. berkurangnya keluhan masyarakat dalam biaya sekolah d. semua jawaban benar 54. Perbedaan yang mendasar pada kurikulum nasional dengan KTSP adalah bahwa pengembangan kurikulum KTSP ada pada: a. Mendiknas b. Puskur Balitbang Depdiknas c. LPMP d. Satuan Pendidikan 55. Seorang Kepala Sekolah harus bekerja keras dalam mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan sekolah yang didapatkannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa sekolah merupakan institusi yang bersifat: a. otonom b. fleksibel c. transparans d. Akuntabel 56. Kerja sama yang berhasil antara sekolah dan masyarakat dapat dilihat dari: a. jumlah uang yang disumbang oleh masyarakat b. tersosialisasinya program sekolah kepada masyarakat c. terlaksananya program sekolah dengan baik d. kontribusi masyarakat dalam pengelolaan program pendidikan 57. Yang tidak termasuk dalam Standar Kompetensi Lulusan adalah: a. Standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah b. Standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran c. Standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran d. Standar kompetensi lulusan minimal pelajaran 58. Instansi yang berwenang menyusun KTSP adalah: a. tingkat Gugus b. tingkat Kecamatan c. tingkat Sekolah d. tingkat Kabupaten/Kota 59. Penyusunan RAPBS dilakukan oleh: a. sekolah dan komite sekolah b. kepala sekolah dan yayasan c. kepala sekolah, guru, dan staf d. komite sekolah dan yayasan 60. Apa yang Saudara ketahui tentang BSNP? a. sebuah Badan Struktural di bawah Menteri Pendidikan Nasional b. sebuah Badan Fungsional sederajat eselon I c. sebuah Badan Independen d. sebuah Badan Independen yang bertanggungjawab kepada Menteri Pendidikan Nasional LEMBAR JAWABAN TES TERTULIS LOMBA GUGUS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2010 NAMA : ………………………………………………………. NAMA SD : ………………………………………………………. (SD INTI, SD IMBAS 1, SD IMBAS 2*) coret yang td perlu PROVINSI : ………………………………………………………. 1 a b c d 31 a b c d 2 a b c d 32 a b c d 3 a b c d 33 a b c d 4 a b c d 34 a b c d 5 a b c d 35 a b c d 6 a b c d 36 a b c d 7 a b c d 37 a b c d 8 a b c d 38 a b c d 9 a b c d 39 a b c d 10 a b c d 40 a b c d 11 a b c d 41 a b c d 12 a b c d 42 a b c d 13 a b c d 43 a b c d 14 a b c d 44 a b c d 15 a b c d 45 a b c d 16 a b c d 46 a b c d 17 a b c d 47 a b c d 18 a b c d 48 a b c d 19 a b c d 49 a b c d 20 a b c d 50 a b c d 21 a b c d 51 a b c d 22 a b c d 52 a b c d 23 a b c d 53 a b c d 24 a b c d 54 a b c d 25 a b c d 55 a b c d 26 a b c d 56 a b c d 27 a b c d 57 a b c d 28 a b c d 58 a b c d 29 a b c d 59 a b c d 30 a b c d 60 a b c d KUNCI JAWABAN TES TERTULIS LOMBA GUGUS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2010 1 C 31 D 2 B 32 A 3 B 33 B 4 D 34 D 5 B 35 A 6 D 36 B 7 B 37 D 8 A 38 C 9 B 39 D 10 D 40 D 11 D 41 A 12 D 42 A 13 D 43 B 14 B 44 C 15 C 45 D 16 A 46 B 17 B 47 D 18 D 48 B 19 D 49 B 20 C 50 A 21 A 51 A 22 C 52 B 23 C 53 D 24 D 54 D 25 B 55 A 26 B 56 D 27 B 57 D 28 C 58 C 29 A 59 A 30 C 60 D SKOR ………. NILAI = -------------- = ------------- x 100 = ……………….. SKOR MAKS 60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar