GUGUS SEKOLAH 02 KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN. SDN BANJARMADU SEBAGAI SD INTI GUGUS SEKOLAH 02, SEDANGKAN SD IMBAS ANTARA LAIN : 1. SDN SUNGELEBAK. 2. SDN KENDALKEMLAGI. 3. SDN KALANGANYAR. 4. SDN LATUKAN. DENGAN MOTTO MAJU BERSAMA MENJADI YANG TERBAIK. VISI GUGUS SEKOLA 02 Terwujudnya kompetensi guru yang profesional, memiliki kemampuan (ability) dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.
Kamis, 10 November 2011
SOAL TES TERTULIS LOMBAH GUGUS SEKOLAH TINGKAT NASIONAL
SOAL TES TERTULIS LOMBAH GUGUS SEKOLAH TINGKAT NASIONAL
Petunjuk Pengisian:
Bacalah setiap pertanyaan atau pernyataan berikut ini dengan seksama dan teliti!
Jawablah setiap pertanyaan atau pernyataan di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf jawaban a, b, c atau d di lembar jawaban!
Saudara tidak diperkenankan pinjam-meminjam alat tulis dan lain-lain dengan sesama peserta lomba.
Saudara tidak diperkenankan meninggalkan ruangan tanpa seizin panitia lomba.
Waktu yang disediakan: 60 menit
Selamat bekerja, Semoga sukses!
Pilah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Pembentukan gugus SD dilatarbelakangi oleh satu pertimbangan, yaitu:
a. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar
b. Meningkatkan mutu guru sekolah dasar
c. Memudahkan rentang kendali pembinaan sekolah dasar yang jumlahnya besar
d. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan pemberdayaan peran serta
masyarakat.
2. Tujuan pembentukan gugus SD adalah:
a. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar
b. Meningkatkan kemampuan professional para guru sekolah dasar dalam KBM
c. Memudahkan rentang kendali pembinaan sekolah dasar yang jumlahnya besar
d. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dan komite sekolah
3. Syarat untuk menjadi SD Inti dalam gugus adalah sebagai berikut, kecuali:
a. Letaknya strategis dari sekolah imbas
b. Memiliki kelebihan dibanding SD yang lain
c. Memiliki sarana prasarana yang memadai
d. Minimal ada 3 SD imbas dan maksimal 7 SD imbas
4. Opsi-opsi di bawah ini merupakan fungsi dari gugus, kecuali:
a. Sebagai wadah pembinaan professional guru
b. Sebagai wahana peningkatan mutu pendidikan SD
c. Sebagai tempat penyebaran informasi dan inovasi
d. Sebagai ajang pemeroleh bantuan-bantuan pendidikan
5. Moto gugus SD adalah sebagai berikut
a. “Semangat maju bersama menggapai mutu pendidikan”
b. “Semangat Maju Bersama”
c. “Maju tak gentar”
d. “Maju dan mengabdi bersama”
6. Manakah diantara opsi-opsi di bawah ini yang merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelolaan gugus:
a. SD inti menjadi SD terbaik dan selalu terdepan diantara semua SD yang ada dalam satu gugus
b. SD imbas dapat mengembangkan inovasi pendidikan secara mandiri
c. SD inti dan SD imbas memperoleh bantuan (block grant) peningkatan mutu dari pemerintah dalam waktu
bersamaan.
d. SD imbas dan SD inti memiliki standar mutu pendidikan yang sama atau tidak terlalu berbeda
7. Yang merupakan bengkel kerja, dan berfungsi sebagai sarana diskusi serta pertukaran pengalaman di dalam
gugus di sebut:
a. KKG
b. PKG
c. PKB
d. KKKS
8. Dalam setahun, idealnya KKG dilaksanakan sebanyak
a. 52 kali
b. 12 kali
c. 24 kali
d. 25 kali
9. Dalam setahun, KKKS dilaksanakan minimal sebanyak
a. 52 kali
b. 12 kali
c. 24 kali
d. 25 kali
10. Yang tidak termasuk ke dalam komponen gugus sekolah dasar adalah:
a. Guru Pemandu Mata Pelajaran (GPMP)
b. KKKS
c. PKG
d. KBM
11. Departemen Pendidikan Nasional memiliki Visi sebagai berikut:
a. Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas
b. Menghasilkan Insan Indonesia Kreatif dan Kompetitif
c. Menghasilkan Insan Indonesia Kompetitif
d. Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif
12. Insan Cerdas sebagaimana tertuang dalam Visi Depdiknas mengandung arti:
a. Sehat secara fisik, cerdas secara intelektual dan taat menjalankan agama
b. Cerdas jiwa dan raga
c. Cerdas IQ, cerdas EQ, cerdas SQ.
d. Cerdas pikir, cerdas rasa, cerdas hati, cerdas raga
13. Standar Nasional Pendidikan (SNP) diatur dalam:
a. PP No. 20 tahun 2005
b. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2005
c. Perpres No. 19 Tahun 2005
d. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
14. “Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab” adalah merupakan:
a. Fungsi Pendidikan Nasional
b. Tujuan Pendidikan Nasional
c. Misi Departemen Pendidikan Nasional
d. Visi Departemen Pendidikan Nasional
15. Menurut UU No. 20 tahun 2003 kelompok usia manakah yang wajib mengikuti pendidikan dasar?
a. 7-12 tahun
b. 6-15 tahun
c. 7-15 tahun
d. 6-12 tahun
16. Manakah yang tidak termasuk komponen standar nasional pendidikan
a. Standar kurikulum
b. Standar Penilaian
c. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
d. Standar Proses
17. Tujuan Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah:
a. Sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan dan oengawasan pendidikan
b. Menjamin mutu pendidikan nasional
c. Mencetak lulusan yang memiliki kemampuan nasional dan global
d. Mencerdaskan Insan Indonesia
18. Standar Isi mencakup ruang lingkup materi di bawah ini, kecuali:
a. Kerangka dasar kurikulum dan Struktur Kurikulum
b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
c. Kalender Pendidikan
d. Beban mengajar
19. KTSP di susun atas dasar rujukan:
a. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan
b. Panduan Penyusunan KTSP
c. Mempertimbangkan karekateristik sekolah
d. Jawaban a, b, dan c benar
20. Ketentuan tentang Sarana Prasarana Sekolah diatur dalam:
a. Permendiknas nomor 19 tahun 2005
b. Permendiknas nomor 20 tahun 2006
c. Permendiknas nomor 24 tahun 2007
d. Permendiknas nomor 14 tahun 2006
21. Manakah yang tidak termasuk ke dalam standar pendidik?
a. Memiliki kepribadian
b. Memiliki kompetensi
c. Memiliki Sertifikat Pendidik
d. Memenuhi kualifikasi akademik
22. Kepala sekolah memiliki peran sebagai pendidik maksudnya bahwa:
a. kepala sekolah mampu mengelola sekolah dengan baik, mau belajar dan membelajarkan warga sekolah
b. setiap kepala sekolah harus memiliki basis kependidikan
c. kepala sekolah harus mampu menjalankan pilar pendidikan sebagai program pembelajaran yaitu learning
to know, learning to do, learning to be, learning to live together
d. kepala sekolah harus mengajar
23. Kompetensi guru yang berkaitan dengan penguasaan keilmuan bidang studi disebut:
a. Kompetensi pedagogis
b. Kompetensi Mengajar
c. Kompetensi Profesional
d. Kompetensi bidang studi
24. Guru yang baik, berakhlak mulia, berwibawa, dewasa, arif, bijaksana, empati, penolong, menjadi panutan, dan
kooperatif merupakan refleksi dari kompetensi:
a. Professional
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Kepribadian dan Sosial
25. Sertifikasi guru dalam jabatan dapat ditempuh melalui
a. Hanya satu jalur
b. Dua jalur
c. Tiga jalur
d. Empat jalur
26. Di bawah ini merupakan kualifikasi umum kepala sekolah, menurut Permendiknas No 13 tahun 2007 tentang
standar kepala sekolah, kecuali:
a. Golongan IIIC
b. Usia minimal 56 tahun
c. S1 atau D IV
d. Pengalaman mengajar minimal 5 tahun
27. Yang termasuk ke dalam perencanaan proses pembelajaran adalah
a. Program semester, silabus dan RPP
b. Silabus dan RPP
c. RPP
d. Program tahunan
28. Manakah komponen di bawah ini yang tidak termasuk komponen RPP
a. Alokasi waktu
b. Standar Kompetensi
c. Tujuan Pendidikan
d. Metode Pembelajaran
29. Jumlah maksimal peserta didik SD dalam setiap rombongan belajar adalah:
a. 28 peserta didik
b. 30 peserta didik
c. 35 peserta didik
d. Disesuaikan dengan kapasitas ruang kelas
30. Mekanisme pemilihan buku teks pelajaran yang akan digunakan di sekolah seyogyanya ditempuh:
a. Melalui rapat komite sekolah
b. Melalui rapat komite sekolah atas pertimbangan guru
c. Melalui rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah
d. Melalui rapat komite sekolah atas pertimbangan guru dan kepala sekolah.
31. Yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran pada tahap pendahuluan adalah:
a. Menyiapkan psikis dan fisik
b. Menjelaskan tujuan pembelajaran
c. Mengajukan pertanyaan terkait dengan pelajaran sebelumnya
d. Benar semua
32. Yang tidak perlu dilakukan guru dalam pembelajaran pada tahap penutup adalah:
a. Menyiapkan psikis dan fisik
b. Menyimpulkan pelajaran
c. Memberikan umpan balik
d. Memberikan pekerjaan rumah
33. Ruang manakah di bawah ini yang tidak diwajibkan dimiliki oleh sekolah dasar menurut ketentuan SNP yang
diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional:
a. Ruang gudang
b. Ruang laboratorium
c. Ruang kepala sekolah dan ruang guru
d. Ruang perpustakaan
34. Idelanya WC yang dimiliki oleh sekolah dasar didasarkan atas pertimbangan jumlah murid yang ada, sebagai
berikut:
a. 1 wc untuk: 50 murid laki-laki dan 60 murid wanita
b. 1 wc untuk 50 murid
c. 1 wc untuk 60 murid
d. 1 wc untuk: 60 murid laki-laki dan 50 murid wanita
35. Prasarana manakah di bawah ini yang belum diwajibkan dimiliki oleh sekolah dasar menurut ketentuan SNP yang
diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional
a. Kebun sekolah
b. Tempat bermain/berolahraga/upacara
c. Ruang sirkulasi
d. Ruang UKS
36. Menurut Standar Nasional Pendidikan, pembiayaan pendidikan terdiri dari:
a. Dua jenis (biaya investasi dan biaya operasi)
b. Tiga Jenis (biaya investasi, Biaya operasi, biaya personal)
c. Dua jenis (biaya personal dan biaya operasi)
d. Tiga Jenis (biaya investasi, biaya harian, biaya personal)
37. Dalam standar pengelolaan sebagaimana tercantum dalam Permendiknas nomor 19 tahun 2007, disebutkan bahwa
yang termasuk komponen perencanaan meliputi, kecuali:
a. Visi dan Misi
b. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)
c. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-SM)
d. Struktur Organisasi
38. Sistem Informasi Manajemen Sekolah adalah salah satu komponen yang harus dimiliki sekolah dan merupakan
bagian dari salah satu standar nasinal pendidikan, yaitu
a. Standar Pelayanan
b. Standar Proses
c. Standar Pengelolaan
d. Standar Mutu
39. Dalam permendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian diatur bahwa penilaian dilakukan oleh:
a. Sekolah
b. Pemerintah
c. Pendidik
d. Pendidik, sekolah dan pemerintah
40. Teknik-teknik penilaian di sekolah menurut permendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang standar penilaian antara
lain:
a. Penugasan
b. Observasi
c. Tes Lisan, Tes Tulis, Tes Praktek
d. Benar semua
41. Indikator keberhasilan program wajar sekolah dasar adalah
a. Angka Partisipasi Kasar (APK)
b. Angka Partisipasi Murni (APM)
c. Angka Drop Out
d. Angka Mengulang Kelas
42. Jumlah siswa sekolah dasar dibagi jumlah penduduk usia 7-12, dikalikan 100 persen disebut:
a. APK
b. APM
c. APP
d. Salah semua
43. Jumlah siswa sekolah dasar usia 7-12 tahun dibagi jumlah penduduk usia 7-12, dikalikan 100 persen disebut:
a. APK
b. APM
c. APP
d. Salah semua
44. Dengan terbitnya PP yang mengatur tentang SNP, maka jenis sekolah dasar dikategorikan menjadi:
a. 2 jenis (SSN dan SBI)
b. 2 jenis (Kategori Standar dan Kategori Mandiri)
c. 3 Jenis (Kategori Standar, Kategori Mandiri, Sekolah Bertaraf Internasional)
d. 2 jenis (Kategori Mandiri dan Sekolah Bertaraf Internaional)
45. Definisi Sekolah Mandiri adalah:
a. Sekolah yang telah memenuhi SNP
b. Sekolah yang hampir memenuhi SNP
c. Sekolah yang belum memenuhi SNP
d. Sekolah hampir atau telah memenuhi SNP
46. In order to improve quality and equity in education, the SEAMEO’s members countries including Indonesia
developed a cooperation programme i.e. creating coalition schools. To implement the programme, the
Indonesian task force carried out a one-day workshop participated by the selected schools on 30 August 2002.
The workshop was to socialize the programme and creating school development plan to answer the quality and
equity in education.
What is the main idea of the text?
a. Establishing coalition schools.
b. Quality and equity in education.
c. Workshop for coalition schools.
d. Improving quality of education.
47. One of the UNESCO propaganda is to educate all people through education for all programme. Besides, the
UNESCO also emphasized that the education should followed four foundations. These are learning to know,
learning to do, learning to be, and learning to live together. Which foundation is most relevant to develop
self-actualization?
a. Learning to know.
b. Learning to do.
c. Learning to be.
d. Learning to live together.
48. Kebijakan manajemen berbasis sekolah (MBS) merupakan:
a. penyederhanaan pola pengelolaan sekolah
b. paradigma pengelolaan otonomi pendidikan.
c. tuntutan kurikulum dan pembaharuan pendidikan
d. efisiensi dan relevansi pendidikan
49. Alasan perlunya dibentuk Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah adalah:
a. akademik dan strategi pembangunan ke depan dalam menyongsong era global,
b. adanya paradigma pembangunan yang baru yang menuntut terlibatnya peran serta masyarakat dalam proses pembangunan
c. tuntutan program pendidikan sebagai akibat dinamika masyarakat yang terus berkembang
d. strategis dalam mengejar ketertinggalan mutu pendidikan.
50. Berbagai persoalan sekolah harus diketahui oleh semua warga sekolah, sebagai konsekuensi dalam penerapan
MBS, antara lain:
a. transparansi pengelolaan pada semua aspek dan keberterimaan terhadap perubahan
b. pemberian penghargaan atas prestasi yang dikerjakan
c. mengutamakan informasi pelayanan yang bermutu
d. semua jawaban benar.
51. Dibentuknya Komite Sekolah sebagai pengganti BP3 Sekolah adalah karena alasan:
a. reformasi bidang pendidikan
b. tuntutan masyarakat atau stakeholder yang berubah dan terus berkembang
c. tuntutan reformasi kurikulum
d. sebagai konsekuensi dilaksanakannya MBS
52. Sertifikasi bagi guru diberlakukan di seluruh Indonesia dimaksudkan:
a. meningkatkan mutu guru
b. meningkatkan profesional guru
c. meningkatkan kualifikasi guru menjadi S-1
d. meningkatkan kesejahteraan guru
53. Indikator keberhasilan sekolah dalam menerapkan MBS terutama dapat dilihat dari sisi :
a. meningkatnya kepedulian masyarakat dan stakeholder terhadap sekolah
b. pengelolaan sekolah yang lebih terbuka dan transparans
c. berkurangnya keluhan masyarakat dalam biaya sekolah
d. semua jawaban benar
54. Perbedaan yang mendasar pada kurikulum nasional dengan KTSP adalah bahwa pengembangan kurikulum KTSP ada
pada:
a. Mendiknas
b. Puskur Balitbang Depdiknas
c. LPMP
d. Satuan Pendidikan
55. Seorang Kepala Sekolah harus bekerja keras dalam mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan sekolah yang
didapatkannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa sekolah merupakan institusi yang bersifat:
a. otonom
b. fleksibel
c. transparans
d. Akuntabel
56. Kerja sama yang berhasil antara sekolah dan masyarakat dapat dilihat dari:
a. jumlah uang yang disumbang oleh masyarakat
b. tersosialisasinya program sekolah kepada masyarakat
c. terlaksananya program sekolah dengan baik
d. kontribusi masyarakat dalam pengelolaan program pendidikan
57. Yang tidak termasuk dalam Standar Kompetensi Lulusan adalah:
a. Standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah
b. Standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran
c. Standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran
d. Standar kompetensi lulusan minimal pelajaran
58. Instansi yang berwenang menyusun KTSP adalah:
a. tingkat Gugus
b. tingkat Kecamatan
c. tingkat Sekolah
d. tingkat Kabupaten/Kota
59. Penyusunan RAPBS dilakukan oleh:
a. sekolah dan komite sekolah
b. kepala sekolah dan yayasan
c. kepala sekolah, guru, dan staf
d. komite sekolah dan yayasan
60. Apa yang Saudara ketahui tentang BSNP?
a. sebuah Badan Struktural di bawah Menteri Pendidikan Nasional
b. sebuah Badan Fungsional sederajat eselon I
c. sebuah Badan Independen
d. sebuah Badan Independen yang bertanggungjawab kepada Menteri Pendidikan Nasional
LEMBAR JAWABAN
TES TERTULIS LOMBA GUGUS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2010
NAMA : ……………………………………………………….
NAMA SD : ……………………………………………………….
(SD INTI, SD IMBAS 1, SD IMBAS 2*) coret yang td perlu
PROVINSI : ……………………………………………………….
1 a b c d 31 a b c d
2 a b c d 32 a b c d
3 a b c d 33 a b c d
4 a b c d 34 a b c d
5 a b c d 35 a b c d
6 a b c d 36 a b c d
7 a b c d 37 a b c d
8 a b c d 38 a b c d
9 a b c d 39 a b c d
10 a b c d 40 a b c d
11 a b c d 41 a b c d
12 a b c d 42 a b c d
13 a b c d 43 a b c d
14 a b c d 44 a b c d
15 a b c d 45 a b c d
16 a b c d 46 a b c d
17 a b c d 47 a b c d
18 a b c d 48 a b c d
19 a b c d 49 a b c d
20 a b c d 50 a b c d
21 a b c d 51 a b c d
22 a b c d 52 a b c d
23 a b c d 53 a b c d
24 a b c d 54 a b c d
25 a b c d 55 a b c d
26 a b c d 56 a b c d
27 a b c d 57 a b c d
28 a b c d 58 a b c d
29 a b c d 59 a b c d
30 a b c d 60 a b c d
KUNCI JAWABAN
TES TERTULIS LOMBA GUGUS TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2010
1 C 31 D
2 B 32 A
3 B 33 B
4 D 34 D
5 B 35 A
6 D 36 B
7 B 37 D
8 A 38 C
9 B 39 D
10 D 40 D
11 D 41 A
12 D 42 A
13 D 43 B
14 B 44 C
15 C 45 D
16 A 46 B
17 B 47 D
18 D 48 B
19 D 49 B
20 C 50 A
21 A 51 A
22 C 52 B
23 C 53 D
24 D 54 D
25 B 55 A
26 B 56 D
27 B 57 D
28 C 58 C
29 A 59 A
30 C 60 D
SKOR ……….
NILAI = -------------- = ------------- x 100 = ………………..
SKOR MAKS 60
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar